Rabu, 11 September 2013

Idul Adha Tiba

Idul Adha Tiba
Yogyakarta, kota istimewa ini selalu merayakan hari besar tersebut dengan diadakan arak-arakan gundukan. Gundukan makanan yang nantinya dibagikan kepada masyarakat merupakan simbol betapa makmurnya daerah tersebut. Demak, kota yang sering disebut sebagai kota wali ini juga memiliki tradisi yang hampir serupa. Tradisi mengarak Ontokusumo, baju kebesaran Sunan Kalijaga. Pengarakan tersebut dilakukan guna mencuci baju kebesaran tersebut. Masing-masing perayaan berlangsung begitu hikmat. Tiap warga seakan menjadikan momen tersebut bagaikan karnval tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat.
Berbagai macam kalangan rakyat amat menunggu momen menggemberikan tersebut. Para penjual aneka camilan dan minuman kerap kali memanfaatkan momen tersebut sebagai ajang pencetak uang dengan cepat. Tak ketinggalan penjual mainanpun membuka lapak pada setiap sudut-sudut jalan, sembari menunggu pelanggan yang tertarik dengan mainan yang ia pajang, ia turut menikmati upacara pengarakan dengan penuh hikmat.
Kali ini idul adha sudah di depan mata. Segala persipan tentunya sudah dimatangkan oleh para panitia penyelenggara. Bahakan bukan cuma panita yang melaukan persiapan, setiap warga setempat pun melakukan hal yang sama. Dari memulai menyiapkan barang-barang yang kan dijual di sana hingga mempersiapakan diri supaya bisa menghadirinya.
Satu hal lagi yang cukup menarik perhatian mata. Idul adha merupakan hari raya yang disunnahkan berqurban, untuk itu banyak orang yang melakukan qurban pada hari tersebut. Memang sih qurban bisa dilakukan hingga tiga hari setelah hari H (Tanggal 10 dhul hijjah) nya, tetapi tak sedikit orang yang memilih untuk berqurban di hari H. Berqurban tepat di hari H mempunyai unsur kepuasan tersendiri, selain masih banyak sanak saudara yang berkumpul juga bertepatan dengan hari libur nasional. Hari dimana setiap orang bisa membantu prosesi penyembelihan hewan qurban. Hari dimana setiap orang masih banyak yang memburu daging qurban, hingga memudahkan pembagian, menjadi hari pilihan yang dianggap paling tepat bagi para pengqurban. Sebenarnya pada tanggal 11 hingga 13pun masih diperbolehkan berqurban, bahkan pahalanyapun tidak berkurang jika berqurban di hari tersebut.
HQ

Tidak ada komentar: